Jumat, 25 November 2016

Budidaya Hidroponik Tanpa Green House ?



Tanaman hidroponik yang dibudidayakan secara konvensional di lahan terbuka relatif mudah terganggu dengan perubahan iklim yang bersifat mendadak sehingga tanaman menjadi stress, dengan demikian kuantitas dan kualitas hasil panen dapat turun drastis.

Untuk penggunaan di budidaya hidroponik, konstruksi  green house ini terbukti mendatangkan banyak manfaat diantaranya untuk membudidayakan tanaman di luar musim (off-season), florikultur, aklimatisasi, perbaikan varietas tanaman melalui penyilangan dan lain sebagainya.

Secara khusus, kita dapat memetik beberapa manfaat dari green house untuk budidaya hidroponik, antara lain:

  •     meningkatkan hasil panen 5 - 15 kali atau lebih;
  •     menekan biaya tenaga kerja;
  •     mengurangi kebutuhan jumlah dan biaya pemupukan;
  •     menghemat kebutuhan air;
  •     mengeliminasi serangan hama dan penyakit tanaman;
  •     membutuhkan area yang relatif kecil untuk memperoleh hasil panen dan keuntungan;
  •     memperbanyak tanaman yang akan dijadikan sebagai tanaman donor (eksplan) untuk keperluan kultur jaringan;
  •     membudidayakan tanaman langka (hampir punah) untuk tujuan konservasif perlindungan biodiversitas tanaman; dan
  •     mudah dalam mengoperasikan, memelihara dan mengendalikan peralatan dan mesin yang ada dalam green house tersebut. Untuk daerah yang sering dilanda angin kencang dan badai, mendirikan green house di daerah tersebut menjadi suatu keharusan.


Sebaiknya perlu diantisipasi beberapa kelemahan jika akan mendirikan bangunan ini utamanya dibutuhkan biaya investasi tinggi (overhead cost), menuntut ekstra perhatian dan perawatan sehingga sumberdaya manusia yang terampil dan berdedikasi menjadi kunci keberhasilan dalam optimalisasi pemanfaatan teknologi ini. 




Jika Anda menginginkan totalitas di hidroponik dan modal mencukupi, Anda bisa langsung membangun greenhouse berukuran besar. Sedangkan untuk hidroponik skala hobi, Anda bisa membuat greenhouse dengan kapasitas kecil dulu misalnya ukuran 3x2 meter, 3x5 meter, atau 6x9 meter, disesuaikan dengan ukuran lahan yang dimiliki.
 
Kontraktor Green House berpengalaman mengerjakan berbagai tipe dan desain rumah kaca (green house), mulai dari green house berukuran besar hingga Green House Mini berukuran 3×2 m2 yang cocok untuk menyalurkan hobi. Hubungi Produsen Rumah Kaca di HP. 081381570972 atau email : greenhouse.kediri@gmail.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar